RyZack's Blog

My Life, My Puzzle!

Impas?

with 7 comments

Kemarin malam saya memaksakan diri pergi ke swalayan Borma untuk membeli beberapa keping DVD kosong, padahal kondisi diluar masih menghawatirkan akan turun hujan deras lagi. Kepepet, soalnya kumpulan file puluhan giga (mungkin sekitar 50 gigabyte) ada di notebook paman saya, dan kabar buruknya notebook tersebut akan dibawa keluar kota. Sebenarnya bisa saja membeli kepingan DVD kosong ditempat fotocopy, hanya saja harganya lebih mahal, yang pasti selisih harganya gila, apalagi kebutuhannya banyak. Kalau hanya 2-3 keping sih bukan masalah.

Sesampainya ditempat tujuan, saya pun langsung mengambil 12 keping DVD. Lalu tidak sengaja melihat disc bag.

Terlintas dipikiran, “Hmm.. sepertinya saya butuh ini deh, biar kepingan DVD ini bisa bertahan hidup lebih lama.”

Saya pun memilih disc bag dengan gambar yang menarik, lalu saya coba buka plastik pelindungnya dan mencoba resletingnya, karena penasaran ingin tahu seberapa banyak disc bag ini dapat menampung kepingan disc, tapi ternyata sreekk.. wah.. gawat jadi rusak, padahal belum juga dibayar (lol)

Kejadian tersebut membuat saya bingung sendiri, padahal sepertinya tidak ada seorang pun yang melihat 🙄

“Ini gimana ya, resletingnya locot?”

Sepasang kata “ganti rugi” mulai menghantui, karena saya percaya bahwa setiap kebaikan ataupun keburukan walau nilainya hanya setitik pasti akan ada balasannya, entah balasannya akan sama atau mungkin berkali-kali lipat.

Melihat kondisi dompet dalam keadaan diet, saya mengambil keputusan mungkin lain kali aja untuk ganti ruginya ketika nanti berkunjung lagi kemari. Dengan perasaan bersalah saya pergi kekasir membawa belanjaan tersebut.

Bingung lagi deh ketika fokus melihat layar monitor untuk melihat daftar belanjaan, lho kok bukannya harga per-keping DVD kan Rp. 2700, tertera disana kalau tidak salah menjadi Rp. 1400? Ketika uang kembalian belanjaan diberikan oleh kasir, saya langsung bertanya tentang harga kepingan DVD tersebut.

“Sepertinya harganya salah, selisihnya juga lumayan jauh lho dari harga yang saya lihat disana.”

Dan kasirnya malah ikut bingung juga 😀

Karena untuk pembelian beberapa barang ada yang diharuskan menggunakan nota, termasuk pembelian DVD kosong. Ternyata kesalahannya terletak pada penulisan kode barang pada nota, seharusnya kode DVD-R Sony menjadi CD-R Sony 😀

Kasirnya pun sempat berucap, “Terima kasih yah mas, untung mas teliti”.

*Ucapan kasir dibalas dengan cengiran khas*

Rp. 1600 x 12 = Rp. 19.200

Rp. 2700 x 12 = Rp. 32.400

Rp. 32.400 – Rp. 19.200 = RP. 13.200

Terdiam dan malah hitung-hitungan, disc bag harganya Rp. 10.700, dan kalau tadi kepingan DVD nya dihargai Rp. 1400, jika membeli 12 keping, selisihnya mencapai Rp. 13.200. Bahkan melebihi harga ganti rugi disc bag yang (tidak sengaja) rusak sebesar Rp. 2500. 🙄

Nah, kalau kejadiannya seperti ini bisa dikatakan “impas” gak ya? 😀

Written by RyZack

December 27, 2010 at 10:13 pm

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Impas gak ya? Saya juga bingung. Kalau diitung dari matematikanya dan kesalahan mausiawinya mungkin impas, tapi kalo dihitung pake kejujuran, kayaknya masih ragu-ragu deh. Jujur, masih ngerasa ada utang kan?

    atikah

    December 28, 2010 at 3:20 pm

    • Enggak juga sih, bayangkan kalo disc bag yang gak dibayar resletingnya locot, terus gak menegur sang kasir, kan untungnya double, haha 😀 *bercanda* iya sih, merasa masih punya hutang 🙄

      RyZack

      December 29, 2010 at 10:47 am

  2. trus pas pulang ada tulisan ‘I know what you did in my shop’ di kamar + sebuah restelting
    karena itulah si mas cuma bilang teliti bukannya jujur :))
    tapi secara untung rugi toko bisa dibilang impas kok, yg rugi palingan ya orang yg beli cd case rusak itu tanpa ngecek sebelumnya 😀

    TamaGO

    December 29, 2010 at 8:00 am

    • Berarti nasib si pembeli gak mujur kalo dapet disc bag yang sudah dilocotin resletingnya sama saya 😛

      RyZack

      December 29, 2010 at 10:49 am

  3. Bisa dibilang impas sih kalau dihitung2 begitu. Tapi kalau cd bag yg rets nya rusak, gpp … itu nanti bisa diretur oleh petugasnya…. eh tapi petugasnya kira2 tahu ga ya.

    zizy

    January 5, 2011 at 8:25 pm

    • Sebenarnya petugasnya ada yang lihat, saya yakin, cuma kayanya pura-pura gak lihat gitu, aneh juga 😛

      RyZack

      January 6, 2011 at 8:20 am

  4. Murahnya, harga disc bagnya cuman 2500?? 😮

    midcool

    January 7, 2011 at 11:07 pm


Leave a Reply

