RyZack's Blog

My Life, My Puzzle!

Mengapa Harus Iri?

with 34 comments

Mereka selalu bisa mendapatkan apa yang diinginkannya, mendapatkan apa yang tidak bisa saya miliki. Muncul sebuah pemikiran “senangnya menjadi seperti mereka, keinginan apapun bisa terpenuhi”. Hal ini tentu pernah dirasakan oleh beberapa orang atau mungkin semua orang? Dan secara langsung pemikiran tersebut melahirkan sifat iri yang bercampur rasa kagum terhadap orang lain yang memiliki apa yang ingin kita miliki. Seperti kata pepatah yang sudah tak asing lagi ditelinga, “rumput tetangga jauh lebih hijau“.

Seakan-akan kita merasa kekurangan, ribuan keluhan setiap detik dan setiap harinya terlontarkan dari mulut, merasa menjadi seseorang yang paling menderita sedunia karena menginginkan kesempurnaan seperti yang mereka punya. Padahal jika melirik kebawah masih banyak orang lain yang serba kekurangan dibandingkan kita, dan belum tentu orang yang menurut pandangan kita itu terlihat sempurna, memiliki sesuatu yang telah kita miliki.

Lalu mengapa harus iri?

Jika didalam hati ini yang semulanya bersih bercahaya sudah tercemar dengan rasa iri, berarti rasa syukur kita kepada yang Maha Kuasa mulai memudar. Kita melupakan segala nikmat yang telah diberikan disetiap detiknya. Seperti kedua mata ini, yang masih bisa melihat kebaikan-kebaikan serta keindahan yang ada disekitar kita, dengan (maaf) beberapa orang yang tidak bisa melihat, kita harus mensyukuri setiap nikmat yang diberikan. 🙂

Melalui tulisan ini saya tidak bermaksud menggurui, melainkan bermaksud untuk menyadarkan diri saya sendiri yang terkadang buta akan segala hal. Bukalah mata hati.. untuk apa memiliki mata yang bisa melihat, sementara hati buta untuk melihat.

Setiap nafas yang dihembuskan adalah kenikmatan yang diberikan oleh-Nya, sudahkah kita mensyukurinya? Dan percayalah bahwa tuhan itu Maha Adil. 🙂

Advertisements

Written by RyZack

April 20, 2010 at 4:08 am

Posted in Tinta Pikiran

Tagged with , ,

34 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. sifat dasar manusia deh itu kayanya. anak kecil klo liat orang lain (temen atau siapapun) punya sesuatu yg menarik dan dia ga punya pasti ngiri dan minta dibeliin juga.
    orang bijak yg ngerti iri itu ga baikpun saya rasa masih bisa merasa iri juga (walaupun cuma sekejap dan dia bisa mensupress rasa iri itu dan mensyukuri apa yg dia punya)
    just my two cents

    TamaGO

    April 20, 2010 at 4:18 am

  2. Setiap manusia selalu ada rezekinya masing-masing. dan kita patut bersyukur apa yang telah di dapat dan tetap berusaha untuk semakin lebih baik di tunggu kedatanganya di konsep-smart-healing.

    rumahsehatafiat

    April 20, 2010 at 4:38 am

  3. @TamaGO: Semua yang dikatakan TamaGO bener seluruhnya, namanya juga manusia. Tapi setidaknya saya juga mencoba berusaha untuk menghilangkan sifat iri tersebut dengan mensyukuri apapun, bagaimanapun dan sekecil apapun 🙂

    RyZack

    April 20, 2010 at 4:41 am

  4. Ada orang bilang iri tanda tak mampu, tapi kadang iri juga bisa jadi motivasi untuk lebih maju dan menjadi lebih baik.

    salam

    Thomas

    April 20, 2010 at 4:58 am

  5. Memang manusia itu dasarnya kalo melihat milik orang lain selalu berpikir “punya dia lebih bagus”, padahal barangnya sama…. 😐 Tinggal pandai2 aja kita masing2 mengatur hati. 🙂

    Asop

    April 20, 2010 at 7:09 am

  6. selalu liat kebawah..

    btw, tukeran link yuk gan.. (klik aja tulisan ‘pasang link’ di blog sy)

    AeArc

    April 20, 2010 at 8:34 am

  7. yup betul banget, kalo emang merasa menderita di dunia mungkin insya Allah kesempatan di akhirat bahagia 😀

    ridu

    April 20, 2010 at 9:08 am

  8. Iri itu sifat dasar manusia. Menurut saya, tidak masalah kalau kita iri dengan orang lain yang lebih berhasil, karena itu seharusnya memacu kita menjadi lebih baik dan lebih maju agar bisa seperti orang itu. Tapi kalau malah merusak dan menimbulkan gosip dan merugikan orang lain dan diri sendiri, itu yang tidak baik. Seyogyanya rasa iri itu bisa dikelola kok agar jadi positif.

    zee

    April 21, 2010 at 12:21 am

  9. ga papa sih iri .. yang penting nggak dengki 😀

    dengki itu yang paling berbahaya,,, itu penyakit hati yang susah buat diobati hahha.. *ngarang*

    salam 😀

    cempaka

    April 22, 2010 at 7:33 am

  10. sepakat bro.. kenapa harus iri. toh setiap orang punya kisahnya masing2 .. punya peluang masing2.. punya rezeki masing2… so… kenapa harus melihat ke yang lain. cukuplah mensyukuri apa yg sudah diperoleh.. bener kaan ??

    elmoudy

    April 22, 2010 at 8:37 am

  11. Karena eluhan akan membuat masalah menjadi rumit. Maka jangan mengeluh n jalani aja 😀

    d.e.q

    April 22, 2010 at 12:08 pm

  12. iri adalah penyakit hati
    yang harus dihilangkan heheh
    smoga saya juga bisa menjadi orang yang bersyukur dan tanpa iri hati

    darahbiroe

    April 22, 2010 at 12:18 pm

  13. Allah Maha Adil
    Jadi pandai2lah bersyukur 🙂

    achoey

    April 22, 2010 at 3:18 pm

  14. bener2… iri itu termasuk penyakit hati yang tidak disadari, disaat kita melihat kesuksesan orang lain peroleh, mengapa kita tidak bisa? itulah yang menjurus pada iri. kalau teus memotivasi mungkin tidak masalah, tapi kalau menjadi iri, terus merasa tidak pernah cukup. wah, kacau tuh.

    Hanif

    April 23, 2010 at 2:52 am

  15. kalo lagi dalam keadaan mupeng sama kehidupan orang lain, saya selalu inget kata mas john mayer.
    “don’t for a minute change the place you’re in”

    presyl

    April 23, 2010 at 6:19 am

  16. orang iri orang yang kurang bersyukur ya?

    yak

    April 23, 2010 at 8:04 am

  17. fokus pd perbaikan diri aja 🙂

    achoey

    April 23, 2010 at 4:11 pm

  18. semoga kita memiliki rasa iri yg positif y,kawan
    salam hangat dari blue

    bluethunderheart

    April 23, 2010 at 4:52 pm

  19. mereka iri biasanya karena tidak mampu

    Djoedy

    April 24, 2010 at 5:18 am

  20. kenapa harus iri? KARENA BELUM SIAP MENJADI ORANG YANG TIDAK MEMILIKI SEPERTI YANG ORANG LAIN MILIKI.
    KENAPA HARUS IRI? karena dia sadar, hanya dengan ngiri dia bisa merasakan betapa nikmatnya memiliki sesuatu yang dimiliki orang laen.

    JEJAK ANNAS

    April 25, 2010 at 7:45 am

  21. selama rasa syukur itu masih ada, rasa iri akan pergi

    dheelaa

    April 25, 2010 at 2:28 pm

  22. iri tanda gak mampu bung…syukuri apa yg kita punya…

    Bayu Lebond

    April 25, 2010 at 8:34 pm

  23. selamat pagi sahabat
    mmpir lagi disini menyapa
    smoga tidak ada lagi iri dengki hati
    😀

    darahbiroe

    April 26, 2010 at 3:18 am

  24. iri ilmu? bolehkah?

    Mbah Jiwo

    April 26, 2010 at 5:09 am

  25. sebaiknya jadikan iri itu menjadi motivasi, bila si A dapat ini kita harus berusaha dapat yang lebih baik tapi dengan cara yg benar
    oya apabila berkenan ada award dari saya silahkan di cek

    idebagusku

    April 27, 2010 at 1:34 pm

  26. sama, saya juga kadang suka gini (doh). tulisan ini bukan cuma untuk ngingetin kamu, karena saya pun jadi harus sering-sering sadar denga diri saya sendiri 😀

    Oyah, saya kasih kamu award, ya. ada di sini . semoga bermanfaat.

    greengrinn

    April 28, 2010 at 5:46 am

  27. malam!
    semangat yuk….
    salam hangat dari blue

    bluethunderheart

    April 28, 2010 at 12:00 pm

  28. Tapi memang begitulah sifat manusia… “rumput tetangga selalu tampak lebih hijau” :mrgreen:

    Btw,, QK ada award buat kmu… di ambil ya… 😉

    HIDUP!!! ^_^

    kikakirana

    April 30, 2010 at 1:56 am

  29. […] Fiya 2. Ismi 3. andipeace 4. monda 5. wawansri 6. marisa 7. Bee’j 8. Asop 9. Ryzack 10. Mbak […]

  30. itulah manusia… punya nafsu dan punya perasaan kurang dan ingin lebih.

    diazhandsome

    May 1, 2010 at 4:44 am

  31. jangan sampe iri dah ,, kan penyakit hati yang sulit disembuhin! iri lama-lama jadi dengki loh, iri stadium II

    deq

    May 1, 2010 at 8:07 am

  32. sipp…setuju!! rumput tetangga memang selalu lebih hijau

    mampir dulu
    penyakit GO:yang menular melalui hubungan seksual

    ossmed

    May 2, 2010 at 10:09 am

  33. iri, penyakit hati yang pasti ada dalam diri manusia, dari itu kita harus bisa menjaga hati.
    salam

    Tary Sonora

    May 3, 2010 at 2:27 am

  34. harusnya ga boleh iri dong… kan udah ada jatahnya masing2… tapii ya namanya manusia, kalau ga ada rasa itu ya ga rame… nah tinggal diri kita, gmana cara membersihkan hati dari rasa tercela itu.. itulah ujian keimanan… 😉

    sunflo

    May 6, 2010 at 10:19 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: